Jalan-Jalan Ke Bondowoso Tidak Afdhol Rasanya Kalau Tidak Mampir ke Sini

Download
Jalan-Jalan Ke Bondowoso Tidak Afdhol Rasanya Kalau Tidak Mampir ke Sini


Indahnya Pariwisata Bondowoso - Bondowoso merupakan salah satu kabupaten yang ada di wilayah provinsi Jawa Timur. Kabupaten ini diapit oleh 3 kabupaten lain yaitu Banyuwangi, Jember, dan Situbondo. Kabupaten dengan luas wilayah sekitar 1.560,10 km2 ini dikelilingi oleh hamparan pegunungan sehingga suhu udaranya sangat sejuk. Bondowoso tidak memiliki lautan sehingga kabupaten ini kurang berkembang dibandingkan Kabupaten sekitarnya. Namun di balik kekurangan yang dimiliki, Bondowoso mempunyai sejuta kelebihan yang akan membuat mata terpesona. Salah satunya adalah banyaknya destinasi pariwisata alam di Bondowoso yang sangat indah dan layak untuk dikunjungi, diantaranya adalah Kawah Ijen, Kawah Wurung, Tancak Kembar, Mini Niagara, Bukit Ilalang, Betoh Soon, dll. Selain itu, Bondowoso juga dikenal dengan sebutan Kota Tape karena merupakan daerah dengan oleh-oleh khas berupa tape yang rasanya berbeda dengan tape-tape di daerah lain. Berikut ini adalah beberapa uraian tentang destinasi wisata di Kabupaten Bondowoso.

Pertama, Kawah Wurung
Destinasi ini terkenal sejak Farah Quin mengupload video di instagramnya dengan background indahnya pemandangan di Kawah Wurung Bondowoso. Kawah Wurung terletak di Desa Jampit, Kecamatan Sempol Bondowoso, masih satu wilayah dengan Kawah Ijen. Kawah Wurung bukanlah kawah yang berapi-api seperti kawah-kawah pada umumnya.  Jika melihat Kawah Wurung pastinya kita langsung teringat tayangan Teletubbies di waktu kita kecil. Hamparan perbukitan yang hijau meliuk-liuk sangat mirip dengan pemandangan alam Teletubbies.
Kawah Wurung
Kedua, Betoh Soon
Betoh Soon atau Batu Junjung terletak di Desa Solor, Kecamatan Cerme Bondowoso yang merupakan perbatasan antara Bondowoso dan Situbondo. Batuan mirip dengan Stonehenge di Inggris sehingga dikenal juga dengan sebutan Stonehenge versi Indonesia. Batuan ini merupakan batuan purba yang besar, tinggi, kokoh dan tersusun begitu rapi dan indah sehingga membuat yang melihatnya serasa kembali lagi ke zaman purbakala.
Betoh Soon, Bondowoso
Betoh Soon (Batu Junjung) Bondowoso
Ketiga, Kawah Ijen
Semua orang tentunya sudah tahu bahwa Kawah Ijen merupakan salah satu ikon dari KabupatenbBondowoso. Kawah Ijen terletak di Gunung Ijen yang merupakan perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dengan Banyuwangi. Untuk menuju ke Kawah Ijen kita bisa memilih untuk melalui Banyuwangi atau Bondowoso. Jika berangkat dari Bondowoso, maka yang dilalui adalah Bondowoso - Wonosari - Tapen - Sempol - Paltuding. Sedangkan jika melewati Banyuwangi makan Jalur yang dilalui adalah Banyuwangi - Licin - Paltuding. Setelah sampai di Paltuding, maka pengunjung harus berjalan kaki naik menuju puncak Ijen sejauh 3 km. Lintasan awal berupa jalan menanjak berpasir sejauh 1,5 km dengan kemiringan 25 - 35 derajat. Setelah itu, ada sebuah pos yang disebut dengan Pos Bunder karena bentunya berupa lingkaran. Setelah melalui pos ini, jalan yang ditempuh agak landai tidak seperti awal menanjak. Setelah sampai di pucak, lelahnya perjalanan akan segera hilang dengan adanya pemandangan kawah dan awan serta lekuk pegunungan yang begitu indah. Di sepertiga malam terakhir, Kawah Ijen semakin cantik dengan adanya Blue Fire yang tersembur dari kawah.
Kawah Ijen Bondowoso
Kawah Ijen
Blue Fire Kawah Ijen
Keempat, Tancak Kembar
Dalam Bahasa Madura, tancak artinya adalah air terjun. Tancak Kembar berarti air terjun yang kembar. Disebut Tancak Kembar dikarenakan terdapat dua air terjun yang berdampingan dengan ukuran yang hampir sama. Tancak Kembar terletak di Desa Andongsari, Kecamatan Pakem, Bondowoso. Untuk sampai ke Tancak Kembar kita harus berjalan kaki karena berada di atas gunung. Kendaraan yang dibawa bisa dititipak ke warga sekitar yang berada di bawah.
Tancak Kembar
Rute menuju Tancak Kembar
Kelima, Air Terjun Gentongan
Air Terjun ini disebut juga dengan Mini Niagara Bondowoso karena bentuknya yang mirip air terjun Niagara di Amerika. Air terjun ini terletak di Desa Watu Capil, Kecamatan Sempol, Bondowoso. Untuk sampai di air terjun ini kita perlu berjalan kaki sekitar 500 meter dari rumah warga. Sebaiknya memakai masker atau penutup hidung karena jalanannya berdebu dan sedikit curam.
Air Terjun Gentongan

Demikian tadi beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten Bondowoso. Masih banyak tempat-tempat wisata lainnya yang tidak kalah indah dengan yang sudah disebutkan di atas.Jika ke Bondowoso kurang afdhol rasanya jika tidak membeli oleh-oleh khas Bondowoso yaitu Tape. Ada banyak olahan tape yang bisa dibeli mulai dari tape besek sampai tape bakar. Ini dia serunya kami beserta teman-teman dari Kalimantan saat hunting tape bakar di Bondowoso.


*Note: Gambar dan video diambil dari berbagai sumber. Salah satunya adalah dari akun Fb Disparporahub Bondowoso


Download
Jalan-Jalan Ke Bondowoso Tidak Afdhol Rasanya Kalau Tidak Mampir ke Sini

1 Response to "Jalan-Jalan Ke Bondowoso Tidak Afdhol Rasanya Kalau Tidak Mampir ke Sini"

  1. yang tancak kembar itu apakah jauh dari tamanan bondowoso gan ?

    ReplyDelete