5 Langkah Memulai Bisnis Online dan Offline

Download
5 Langkah Memulai Bisnis Online dan Offline

Untuk memulai bisnis online ataupun offline agar sukses perlu mengetahui beberapa langkah berikut :



  1. Fokus
    Focus merupakan kekuatan yang sangat dasyat, batu yang keras bisa berlubang oleh air yang sangat lemah karena tetesan air yang kontinue yang jatuh pada suatu titik permukaan batu. Cahaya matahari bisa membakar benda dengan cara memfokuskannya melalui kaca atau lensa. Oleh sebab itu jika kita ingin sukses dalam hal apapun maka focus merupakan syarat mutlak yang harus dilakukan oleh seseorang. Dalam memulai bisnis online, fokuskan ke satu bidang dulu, supaya pengetahuan tentang produk betul-betul dikuasai, baik product knowledgenya ataupun tehnik operasionalnya dan seluk beluk lainnya. Faktor ini penting karena saat kita menguasai sebuah produk insyaallah kita akan mudah meyakinkan customer. Pilihlah produk yang mudah untuk di jual terlebih dahulu untuk mempercepat closing penjualan agar kantong terisi dulu untuk backup dapur tetap ngebul.
  2. Pilih Produk
    Dalam bisnis produk merupakan faktor inti. Produk itu bisa berbentuk barang / hardware ataupun jasa. Produk juga tidak harus produk sendiri, bahkan produk juta tidak harus ada ditempat kita walaupun idealnya memang ready stok. Pada umumnya pemula selalu berpikir bahwa berjualan online ataupun offline harus memiliki produk sendiri sehingga kebanyakan mereka tidak pernah memulai menjalankan bisnisnya kearena menunggu produk sendiri. Meskipun bisnis yang kita lakukan adalah bisnis "online", prodjk yang kita jual tidak harus produk berbau IT/teknologi semacam produk-produk digital misalnya ebook, tools, software dan aneka system aplikasi. Produk apa saja dan produk siap saja yang halal tentunya bisa kita jual secara online. Langkah dalam memilih produk yaitu carilah produk yang paling kita sukai atau yang sifatnya hobbys. Barang yang kita sukai umumnya kita lebih detail dalam memahaminya bahkan secara emosional kita lebih lekat dengan barang-barang tersebut. Pemahaman kia secara mendalam terhadapt propduk adalah salah satu kunci kesuksesan kita untuk meyakinkan calon custumer. Dalam bisnis online kepercayaan calon costumer adalah kunci utama mereka untuk melakukan pembelian / transaksi.
  3. Buat Website ataupun Blog Toko Online
    Setelah menentukan produk yang akan menjadi fokus untuk dijual, baik produk sendiri ataupun orang lain sebagai distributor ataupun reseller, buatlah toko onlilne baik yang gratisan seperti blog / wordpress ataupun yang profesional (berbayar). Bisa juga memanfaatkan portal-portal bisnis / market place seperti indonetwork, bukalapak, olx dll. Fungsi website atau toko online adalah untuk memudahkan calon costumer melihat lebih detail tentang produk yang kita jual dan sekaligus kita bisa mempromosikan produk lainnya bahkan bisa juga menjadi tempat iklan bagi orang jika webiste kita ramai pengunjung. Dengan memiliki website artinya kita telah memiliki toko yang bisa diakses oleh orang diseluruh dunit yang bermakna bahwa potensi pasar produk kita adalah pasar global. Website / blog kita ibarat kantor dan toko kita. "TIDAK ADA WEBISTE TIDAK ADA TOKO / KANTOR, TIDAK ADA TOKO TIDAK ADA TEMPAT UNTUK BERJUALAN".
  4. Pemasaran
    Pemasaran atau pengenalan produk dan toko kita harus dilakukan untuk bisa melakukan penjualan. Pemasaran bisa dilakukan melalui berbagai media komunikasi seperti broadcast sms dan media internet seperti media sosial (medsos) diantaranya FB, Whatsapp, Telegram, dll bahkan optimasi SEO.
  5. Membangun Aset
    Seorang pengusaha harus memiliki mindset membangun aset bukan bekerja sekedar untuk bisa makan diri dan keluarga pada hari itu dan esok harinya. Penguasaha harus memiliki visi dan misi dan strategi yang jelas di dalam membangun dan mengembangkan usahanya dalam jangka yang panjang. Apa itu aset... ? Aset itu adlah nilai dari sesuatu yang dimiliki oleh perorangan ataupun perusahaan. Yang dapat dimasukkan ke dalam jenis asset salah satunya adalah tanah, gedung atau bangunan. Jadi kalau perorangan atau suatu perusahaan memiliki gedung senilai satu milyar rupiah, maka asset yang dihitung adalah satu miliar rupiah itu, jenis aset ini di istilah sebagai aset TANGIBLE (bisa dilihat dan di raba alias fisik). Selain gedung atau kekayaan materi secara fisik ada juga aset berupa non fisik seperti misalnya merk dagang, paten teknologi, jaringan pertemanan atau database costumer, jenis aset ini disebut INTANGIBLE. Nilai dan bentuk aset dari masa ke masa selalu berubah, pada era agraris nilai dan betnuk aset adalah berupa lahan persawahan atau perkebunan, pada era industri aset berupa pabrik dan mesin-mesin produksi dan era digital aset adalah sdm dan networking / database.

Demikian uraian langkah-langkah memulai bisnis baik online ataupun offline mudah-mudahan bisa menjadi pencerahan bagi para pemula pelaku bisnis yang menginginkan perubahan diri menjadi mandiri secara ekonomi dengna modal pemanfaatan IT. Materi ini juga sekaligus menjadi kurikulum sederhana untuk mahasiswa IDBC dan peserta kelas khusus bisnis online via MEDSOS di Kampung it, Komplek Masjid Al-Muhtadin Jl. Semenromo Gg. Melon Waringinrejo Cemani.

Kampung IT, 15 Maret 2015

Junaedy Alfan
Download
5 Langkah Memulai Bisnis Online dan Offline

0 Response to "5 Langkah Memulai Bisnis Online dan Offline"

Post a Comment