5 Faktor Bisnis Baru Sering Alami Kegagalan

Download
5 Faktor Bisnis Baru Sering Alami Kegagalan

5 Kesalahan Bisnis Pemula - Mengapa dalam menjalani Bisnis baru lebih sering gagal, bila dibandingkan bisnis yang sudah ditekuni lamanya waktu. Walaupun demikian, tidak seharusnya sebuah bisnis gagal begitu saja. Dengan rencana, strategi dan fleksibilitas yang tepat, sebuah bisnis punya kesempatan sukses yang lebih besar. Untuk itu sebaiknya Anda harus tahu dan lebih mengenal 5 faktor kesalahan yang bisa menghancurkan sebuah bisnis yang akan Anda jalani.


  1. Tidak melakukan riset pasar
    Misalnya Anda berniat membuka sebuah  perusahaan es krim, semua modal sudah disiapkan dan niatan anda sudah bulan. Namun Anda tidak bisa melihat kenyataan bahwa sekarang ini musim hujan, saat orang membutuhkan makanan yang hangat dan bukan sebaliknya. Selain itu, dengan banyaknya merk-merk es krim di luar sana, kompetisi anda menjadi semakin berat. Kesalahan-kesahalan seperti inilah yang membuat Anda kalah sebelum bertanding. Anda harus bisa mencari apa yang dibutuhkan oleh pasar, bukan memaksa produk anda masuk ke dalam pasar. Akan lebih mudah menyediakan sesuatu yang dibutuhkan dari pda harus membuat sesuatu yang baru dan memaksa orang mengeluarkan uang untuk itu.

  2. Rencana bisnis yang kurang matang
    Sebuah rencana yang solid dan realistis sangatlah mutlak dibutuhkan sebuah bisnis. Dalam rencana itu, Anda harus memuat target yang masuk akal, bagaimana mencapai target tersebut, prediksi masalah yang akan menghadang, serta bagaimana menyelesaikan masalah tersebut. Dalam mencapai target tersebut. Anda harus banyak melakukan riset dan survey. Rencana tersebut juga harus memuat biaya yang diperlukan untuk bisnis serta strategi dan jadwal operasional. Anda harus jalankan seluruh rencana dengan baik. Jika anda mencoba melenceng dari rencana awal, misalnya menambah pengeluaran atau mengganti strategi, Anda bisa akan berujung pada suatu kegagalan yang sangat fatal. Kecuali jika Anda menemukan masalah yang diprediksi bisa membunuh bisnis Anda, jika tidak, tetaplah pada rencana semula. Anda juga harus bisa cepat mengubah keputusan, jika ada masalah segera carilah suatu solusinya, jika pengeluaran membengkak segeralah melakukan pengehematan. Semakin banyak masalah akan semakin tinggi potensi gagalnya bisnis Anda.

  3. Lokasi tidak strategis, tidak eksis di internet dan kurang penjualan promosi
    Lokasi yang buruk sudah barang tentu menjadi faktor negatif bagi bisnis, terutama yang mengandalkan bisnis konvensional / offline. Tapi saat ini ada yang lebih penting, yaitu eksistensi di dunia maya. Eksistensi bisnis Anda di internet dan jejaring sosial sama pentingnya dengan lokasi asli di dunia nyata. Dengan begitu, pelanggan akan mengetahui bisnis Anda dengan cepat sehingga lebih mudah mendapatkan pelanggan yang benar-benar butuh akan bisnis Anda. Langkah selanjutnya adalah mulai melayani mereka. Eksistensi ini mirip dengan promosi penjualan. Tak hanya harus Anda pastikan promosi ini sampai ke pelanggan, tapi juga harus pelanggan yang tepat. Pastikan promosi penjualan anda lakukan kepada orang yang berminat pada Bisnis Anda. Buatlah orang lain tak hanya menykai bisnis Anda, tetapi membutuhkan dan menginginkan bisnis Anda tersebut. Dengan demikian, Anda akan membentuk barisan pelanggan yang loyal.

  4. Terlena dengan kesuksesan
    Setelah Anda merumuskan rencana, menjalankan bisnis dan mendapatkan basis pelanggan, jangan terlalu puas dengan hasilnya. Bisa jadi ini belum waktunya untuk merasa puas. Terus pantau situasi pasars dan cari tahu apakah anda harus mengubah rencana bisnis Anda. Berada di posisi paling dibutuhkan membuat Anda punya banyak waktu untuk mempertahankan strategi sehingga bisa tetap sukses. Jangan sampai merasa puas jika anda belum bisa mengubah dunia, seperti layaknya industri IT seperti Apple, microsoft, samsung, dll.

  5. Terlalu cepat berekspansi
    Jika bisnis Anda sudah mulai berjalan dengan baik dan menuju ke arah sukses, saatnya berekspansi. Tapi, cara anda memperluas bisnis hrus sama seperti membangun bisnis tersebut dari awal. jangan gegabah dan terlalu percaya diri dalam membuka cabang untuk bisnis Anda. Pastikan Anda menemukan pasar dan daerah yang tepat untuk berekspansi. Jika Anda berencana mendversifikasi produk, jangan sampai melenceng dari lini bisnis awal, atau Anda akan terjebak dalam membentuk sebuah bisnis baru seperti mulai dari awal lagi. Jika sebuah bisnis berkembang terlalu cepat dan tidak mengikuti beberapa point di atas, seperti riset pasar, strategi dan rencana bisnis yang baik, maka bisnis tersebut bisa cepat tenggelam. (Diolah dari berbagai sumber).

Catatan :
Artikel ini merupakan bagian tak terpisahkan dari artikel sebelumnya. 5 Langkah Memulai Bisnis Online. Diharapkan antum tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dijauhi. INGAT, SEMUA ORANG BISA MEMBACA DAN TAHU TENTANG SUATU HAL, TAPI YANG BERHASIL SUKSES ADALAH HANYALAN ORANG YANG BISA MELAKUKAN APA YANG IA TAHU. Lihatlah kembali konsep sukses dalam surat Al Ashr.

Terimakasih : Ust. Junaedy Alfan
Download
5 Faktor Bisnis Baru Sering Alami Kegagalan

0 Response to "5 Faktor Bisnis Baru Sering Alami Kegagalan"

Post a Comment